Monday, February 24, 2014

Breastfeed story...

Menyusui adalah kompetisi, kompetisi melawan diri kita sendiri. Melawan rasa lelah karena bayi yang minum ASI biasanya lebih cepat lapar. Melawan rasa sakit ketika puting lecet dan tetap harus menyusui. Melawan rasa kantuk, ketika tetap harus memompa payudara di jam 3 pagi agar produksi tetap lancar. Melawan rasa malas untuk mencuci dan mensterilkan peralatan pompa agar bisa langsung digunakan. Melawan rasa kesal ketika melihat hasil pompa yang sedikit walaupun sudah memompa lama. -mommiesdaily-

gw rasa hampir semua ibu merasakan apa yang gw kutip dari artikel diatas, sebelum melahirkan MK ("Muhammad Khadaffi"), gw yakin ASI gw akan lancar dan bisa punya ASIP berjejer dikulkas sampai sesak karena nyokap gw selalu bilang kalo ASI nya suka sampai rembes karna saking banyaknya...

kenyataannya...
sejak melahirkan MK dan gw baru bisa ketemu dia setelah beberapa hari lahir dan bakhan ASI gw pun juga belum keluar sampai hari ketiga, suster2 di Ruang NICU tempat Daffi dirawat menawarkan untuk mulai mencari Donor ASI dan mereka ga pernah sekalipun menyarakan gw untuk kasih Sufor. tapi alhamdullilah hasil mencet2 tuh puting keluar juga walaupun cuma setengah spuit ukuran kecil, dan gw lanjut dengan mompa yang ga sampe 5ml dalam waktu 1 jam gw pompa.
Pulang dari NICU drama lain dari menyusuipun datang, drama itu adalah drama bingung puting, ini terjadi karena selama di NICU 11 hari MK selalu nyusu dari dot dan setiap dia disusuin selalu histeris, gw seharian harus mompa berkali2 karna takut MK lapar dan gw belom pompa setiap malem gw harus itung stok ASIP dikulkas biar cukup buat semaleman itu, dan emang ga jarang juga disaat gw lagi mompa dia udah keburu nangis karna lapar.. and it breaks my heart :(

Masa Growth Spurt
ini masa-masa yang emang pasti bikin ibu2 yang produksi ASI nya marginal kayak gw gini nyalinya ciut... hati ga tega tiap liat bayi kita nangis karena kelaperan, ga jarang juga yang saranin kasih sufor karna kasian liat MK nangis, dan kalau ada yang bilang kasian gitu rasanya pengen gw balikin: klo lo cuma kasian, hati gw hancur liat anak gw bentar2 ngamuk karena ASI yang dia dapet ga cukup. beruntung sih gw cukup dibekali pengetahuan tentang masa growth spurt ini jadi gw yakin produksi gw akan terus bertambah sesuai permintaan MK.

Bubu Masuk Kerja
galactongue apa yang ga pernah gw coba buat ningkatin ASI? dari yang alami sampai Kimia, dari yang enak sampai ga enak I've done with that!!! dari yang gampang di cari sampai yang susah di cari kayak daun bangun2 pernah gw teleen... semua dilakukan untuk ningkatin produksi ASI dan biar kayak emak2 socmed yang upload stok ASIP mereka yang berkulkas2... tapi tetep ternyata smua yang pernah gw minum itu belom menghasilkan secara signifikan.
pertanyaan dari orang biasanya, berapa banyak stok ASIP pas masuk Kantor??
stok ASIP gw waktu masuk kerja ga lebih dari 20 botol. orang yang denger pasti langsung mandang impossible gw  bisa kasih ASIX buat MK, tapi gw sih orangnya optimis dan kompetitif klo bubunya ga optimis gimana nanti mendidik anaknya biar bisa jadi orang yang berhasil... (ejieeeee......) hahahaa... 
iyah gw optimis pake BANGEET dengan kondisi begini sampai satu hari diminggu lalu.... mendapati konsumsi susu MK meningkat, yang biasanya gw tinggal dalam waktu 9 jam cukup dengan 600ml skrg dia perlu 700-800ml. dan semakin hari stok ASIP gw kepake dan minus bbrp botol dan mendapati cerita temen2 gw yang stok ASIPnya lebih banyak dari gw menyerah dan kasih Sufor ke anaknya pas masuk bulan ke-5 atau ke-6, dengan kondisi gw yang kejar tayang, stok ASIP menipis dan produksi ASI cm dr PD kanan aja sudah saatnya gw ikhtiar yg lbh keras lg... weekend ini sudah terjadwal untuk akupuntur laktasi dan gw akan minta resep untuk domperidone yg dsa nya MK nanti... dan kalo ga berhasil juga mungkin gw akan mengambil unpaid leave sampai MK selesai ASIX. Karena ASI itu haknya MK yg hrs gw penuhi sedangkan kerja itu bukan kewajiban yg harus gw penuhi...

semoga all these breastfeed drama will happy ending... 


cheers,
@yunipattina

1 comment:

  1. Eh aku nemu blog ini dari blog nenglita, terus kok fotonya kayak pernah liat ya, ternyata di path-nya Teh Nessa.. ternyata temennya teh Nessa ya? Hehe.. semangat ya, ngASI emang perjuangan, mudah2an bisa terus berjuang buat anak bayi..

    ReplyDelete