Thursday, February 13, 2014

Khadaffi Birth Story

Setelah lebih dari 3 bulan melahirkan Muhammad Khadaffi Excell Renwarin ke bumi ini, baru sekarang sempet posting cerita melahirkannya...

Jum'at, 25 Oktober 2013
hari ini kontrol ke dokter padahal berdasarkan postingan gw yang ini, harusnya pada tanggal 24 nya gw sudah melahirkan karna preeklamsia, cuma hasil lab terakhir menunjukan klo semua masih terkontrol jadi dokter masih kasih izin gw menunggu untuk bisa melahirkan normal, tapi pas kontrol hari ini keliatan klo berat badan janin udah 3.7kg dan itu sangat besar, dokter memberikan penawaran untuk melahirkan pada tanggal 26 Oktober dengan induksi atau caesar karna dikhawtirkan akan bayinya akan semakin besar. atau nunggu kontrol hari senin dan diputuskan hari seninnya, karna senin itu due date kehamilan gw. dan setelah pikir2 akhirnya gw dan suami memutuskan untuk ikhtiar dulu lahiran normal dengan cara banyak jalan biar si bayi masuk jalan lahir pada hari sabtunya dan kalo ga keluar juga, hari minggu kita akan ke RS untuk melahirkan si bayi dengan induksi ataupun caesar.

Sabtu, 26 Oktober 2013
Niat banget biar si bayi masuk jalan lahir, pagi2 udah ke UI buat jalan2, siang2nya jalan ke ITC kuningan terus malemnya ke PIM keliling smp hampir tengah malem nyampe rumah sik  lewat tengah malem sampe sempet2nya minum es kelapa muda jam 2 pagi... hahaa

Minggu, 27 Oktober 2013
05.00 WIB
siap2 wudhu mau sholat shubuh, tapi kok rasa2nya CD basah lumayan banyak yah pas di cek keluar darah cukup banyak, okesip ternyata jalan kemarin berhasil dan gw berpikir inilah saatnya ketemu si anak bayi kesayangan... bangunin suami dan langsung ajak ke RS

07.00 WIB
Ke RS, langsung masuk kamar bersalin di cek pembukaan  dan ternyata udah Pembukaan , iisshh cakeep deh nih si anak bayi pinter banget, terus sm suster disuruh jalan2 ajah dulu, dan emang saat itu kondisinya ga sakit kontraksinya akhirnya gw jalan2 dulu sekitar RS, sempet pula makan bubur depan RS Bunda Margonda dan daftar2 kamar buat rawat inapnya.

12.00 WIB
Meennn.... setelah 5 jam baru pembukaan nambah, Pembukaan 4 sakitnya masih bisa ditoleransi.

15.00 WIB
Sekitar jam 3an ini gw lupa tepatnya dipembukaan berapa entah 6 atau 8 ketuban gw pecah, dan sakitnya mulai gabisa ditoleransi, oke yang bilang sakit mau melahirkan ga sesakit yang diceritakan orang2 mendingan ribut ajah yuk sama gw, dari yang istigfar smp manggil2 nama nyokap dituntun pernafasan biar ga berasa sakit itu sama sekali akhirnya ga ngaruh, gw gabisa jelasin sakitnya gimana. kata orang tiap orang rasa sakit melahirkan itu beda2 mungkin gw kebagian yang sakit banget itu.

17.20 WIB
Pembukaan sudah lengkap, dokter sudah stand by didepan gw dari pembukaan 9 dan saat itu lgsg dituntun buat ngeden, kondisi diruang bersalin saat itu mulai tegang karna setelah berapa kali ngeden gw ngga berhasil ngeluarin si bayi, padahal suami waktu itu udah liat kepala si bayi, muka dokter mulai tegang dan setelah berapa kali ngeden gw tetep ga berhasil ngeluarin si bayi, mules gw udah mulai pendek2 akhirnya dimasukin infusan yang ga tau isinya apaan katanya biar mulesnya panjang dan ngedennya lebih mudah DAN ITU SAKIT BANGEEEEET PEMIRSAAAAH!!!! jam 18.00 kurang dokter buka kaca mukanya dan keluar kamar bersalin dan balik lagi dengan keputusan untuk segera melakukan operasi caesar karna kondisi sudah sangat gawat janin waktu itu. saat itu langsung dipersiapkan untuk operasi, gw masih kesakitan setengah mati gw udah teriak2 ngaco bahkan gw inget banget dipintu ruang operasi gw teriak kalo gw mau mati ajah karna emang sakitnya ga bisa ditolerir.

19.00
sudah diruang operasi dan dokter anastesi sudah bius gw dan saat dibius itu rasanya gw pengen teriak: KENAPA GA DARITADI AJAH SIK DOKTER??? operasi berjalan lancar sampe saat jam 19.19 bayi diangkat dari perut gw, saat itu gw masih setengah sadar dan liat bayi putih banget di angkat sm dokternya dan langsung dikasih ke dokter lainnya terus gw panggil suami gw, sayang kok bayinya ga IMD?? suami gw ga denger dia sibuk liat bayi gw, gw panggil berulang2 tetep suami gw ga nengok saat itu gw ga denger tangisan bayi sama sekali padahal bayi udah keluar, sampe akhirnya gw ga sadar entah ketiduran atau kenapa dana akhirnya gw sadar pas dipindah ke ruang observasi.

21.00
diruang observasi sendirian, air mata ga berenti keluar, gw masih bertanya2 mana bayi gw?? manggil suster minta panggilin suami gw tapi suster bilang gw masih hrs istirahat, akhirnya nyokap gw dateng gw tanya mana bayi gw, nyokap bilang lagi diobservasi dan gw disuruh istirahat dulu. ga lama suami gw dateng dengan ekspresi muka yang ga pernah gw liat sejak gw kenal dia 6 tahun lalu, gw tanya "mana kaka?" jawabannya sama kayak nyokap.. kaka masih observasi, dan besok baru bisa ketemu.

22.30
masuk ruang rawat inap, gw tanya lebih detail ke suami gw "mana kaka?" dijawab lagi klo kaka masih diobservasi, tapi gw tetep maksa mau ketemu kaka waktu itu.. yah menurut nganaaa?? gw yang hamilin 9 bulan terus gw gabisa ketemu sm anak gw... mana bisa terima??? semaleman babarblas gw gatidur dan ga berenti nangis, gw juga liat suami gw tidur gelisah dan mukanya stress berat.

28 Oktober 2013
pagi2 jam 6 gw udah bangunin suami gw minta ketemu Kaka, dia bilang ruangannya baru buka jam 8, dan jam 8 gw ajakin dia lagi untuk liat kaka.. dia malah jawab katanya gw kan masih blm bisa kemana2 karna baru operasi... terus gw bilang aku mau liat foto kaka?? dia bilang belom foto.. gw mulai kesel.. gw bilang: aku mau ketemu kakaa... sambil nangis sesegukan... akhirnya suami gw nyerah juga, dia akhirnya cerita kondisi bayi gw waktu itu. suami gw cerita klo ada masalah sama bayi gw, dia ga bisa adaptasi sm udara diluar... makanya skrg di NICU dl. dan akhirnya gw suruh suami gw nengokin bayi gw trus fotoin buat gw... dan setelah gw liat fotonya, hati gw bener2 hancuur... gw pikir bayi gw cuma diinkubator tapi ternyata segala macem alat dipasang dibadannya selang2 segede selang aquarium buat oksigen belum selang infus belum  kabel monitor... bayi yang gw jaga baik2 selama 9 bulan setelah lahir kondisinya kayak gini... ini cobaan terberat dlm hidup gw :(

Kaka akhirnya harus dirawat di NICU selama 11 hari, kondisinya dari yang udah gw ceritain berangsur2 pulih... ini ga lepas dari peran ASI dalam proses pemulihannya. 11 hari yang bener2 penuh air mata, cemas setiap saat dan ga berenti2nya berdoa buat kaka. oyah mgkn ada yg nanya kenapa udah pembukaan lengkap tp gw tidak bisa melahirkan bayi gw secara normal? jadi ternyata panggul gw bentuknya ga seperti perempuan kebanyakan dimana jalan lahir sibayi menurun lurus, sedangkan gw ngga jadi si bayi keburu stress nyari jalan keluar dan ketuban udah ijo yang akhirnya keminum sm bayinya.

tapi alhamdulliah sekrang si anak bayi  udah sehat dan mana pernah ada yang nyangka klo dia pernah di NICU 11 hari dengan kondisi yang memprihatinkan...

we introduce our new family member: Muhammad Khadaffi Excell Renwarin born on sunday, 27th October 2013 RS Bunda Margonda

cheers,
@yunipattina

No comments:

Post a Comment