Thursday, November 10, 2011

Gili you make me so Silly....

Pulau yang indah
Bersih pantainya
Gak ada polusi dan polisi
Karena nggak ada kejahatan
Dan macetnya lalu lintas
Yang ada hanya andong
Alat transportasi di pulauku

yah itulah penggalan lagu Richard D'Gillis, lagu yang berkisah soal indahnya pulau Gili Trawangan. yeaaahhhhhh dan pada oktober kemarin saya berkesempatan untuk berlibur kesana.... senaaangggnyaaaaaa.....
jadi begini ceritanya....
selepas Raker di Nusa Dua Bali, saya bersama teman saya nyebrang ke pulau Lombok dengan tujuan: 3 Gili yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yah tapi sekalian juga keliling lombok kalau emang ada waktu.
saya nyebrang dari Bali lewat Padang Bai pake kapal ferri jam 1 malem dan syukur alhamdullillah dapet ferru yang bagus jadi bisa tidur nyenyak yah, secara itu perjalannya tengah malem gituuu... tadinya sih mau naik speed boat ajah dari Bali tapi apa daya tangan tak sampai.. mahal beuut sodara2 harganya hampir $50 per kepala dan lagian juga setau saya emang cuaca dilaut lagi ga bagus, makin-makin lah saya ga ambil pilihan itu.
Sabtu, 1 Oktober 2011, pagi-pagi buta, buta banget sampe ga bisa liat apa2 saking gelapnya (hiperbola) kami sampai di pelabuhan Lembar, yaitu pelabuhan di Lombok... alhamdullillah sampailah kami di Provinsi Nusa Tenggara Barat... #tsaaaaahhh dan kami pun segera meluncur ke kota mataram yaitu kota seribu mesjid, eh iyah donk ini  kota banyak amat mesjidnya ga kayak di Bali... #yaeyalaaaaah
okeh singkat cerita setelah sarapan dan keliling2 kota mataram kami segera meluncur ke Bangsal, pelabuhan tempat kita menyebrang ke 3 Gili.
kami menitipkan kendaraan di pelabuhan ini dan lanjut menggunakan boat menyebrang ke Gili Trawangan,

Pelabuhan Bangsal yang masih sepi

nyampe bangsal tuh masih pagii banget sampe2 belum ada tuh kapal yang mau jalan ke Gili, jadilah kami istirahat dulu sambil menikmati pemandangan sekitar. kamipun akhirnya naik kapal pertama menuju Gili dan perjalanan hanya memakan waktu 20 menit sampailah di Pulau Gili Trawangan. Hal pertama yang dilakukan disana adalah..... bukan nyari hotel untuk istirahat doonk malah nyari tempat sewa alat2 snorkling sekaligus paket snorklingnya. berhubung temen udah punya langganan jadiya udah tau tempat yang dituju. setelah urusan persnorklingan kelar barulah cari hotel, nah kita menginap di salah satu hotel dipinggir pantai tapi saya lupa namanya yang pasti dari pelabuhan belok ke sebelah kanan yaaahhh... maunya sih nginep di Villa Ombak nginep dsana amat saangat overbudget. lumayanlah tapinya hotel nya ada tempat berjemur2 gituu...

view dari kamar hotel tempat kami menginap

setelah bersih-bersih di hotel, istirahat-istirahat sebentar kami langsung bersiap-siap untuk hoping island 3 Gili's, wohooooo snorkling-snorkling yeeeeh... sayangnya ga bawa kamera underwater jadi sayang sekali ga ada foto2 indahnya alam bawah laut Gili Trawangan. pokony kita snorkling di 3 spot. spot pertama itu ga jauh dari Gili Trawangan, dan alhamdullillah kapal kita tuh bagus banget yah paling bagus diantara kapal2 yang kita temuin sepanjang muter2 3 Gili. jadi kita bisa liat alam bawah laut sepanjang perjalanan karna kapal tersebut bawahnya itu pake kaca. spot pertama itu kita snorkling di area hard coral... ya Alloh, subhanalloh bangeet indahnyaaaaa.. keterlaluan dan berlebihan.. terus spot ke 2 itu dekat Gili Meno, kita snorkling di area penangkaran penyu jadi emang mesti agak usaha karna lumayan dalem dan penyunya malu2 buat ketemu eikee... dan spot ke-3 sampailaaah di Gili Air... sumpaaah... sumpaaah.... sumpaaaahhh alam bawah lautnya indahnya luar biasa, ikannya cakep2 banget... rasanya 4mx4m bagian disini pengen dibawa pulang terus simpen dikamar jadi setiap saat bisa memandangi indahnya 3 Gili. selesai snorkling kita istirahat di Gili Air, sekaian makan siang doonk.. nama restorannya Turtle apaaa gituuu.. eike lupitaa...
Pemandangan dari restoran di Gili Air
jam 3 sore kelar smua kegiatan persnorklingan dan kami kembali ke Gili Trawangan tapi sepanjang perjalanan ombak tinggi banget sempet agak ngeri juga, tapi untuk se kapal sm bule2 yang santai bin selow ga ada panik2nya sama sekali. sesampainya di Gili trawangan inilah pemandangan pinggir pantai yang disuguhkan:

yaaaahhhh bule2 lagi berjemur, anyone??

menjelang sore kami memutuskan untuk sewa sepedan dan liat sunset ke belakang pulau gili trawangan dan ternyata, lumayaaaan jauuuuuuhh dan lebih sedih lagi karna mendung jadi sunset yang kita dapet pun ga sesuai ekspektasi kita, tapi lumayan sih daripada ngga.. hehe..
Sunset @Gili Trawangan

iyaaahhhh kelar liat sunset, niat hati balik ke hotel terus keliling Gili Trawangan sambil cari akan malem tapi.. tapi... tapi.... rantai sepeda putus doonkkk... huwaaaaaa..... dan kita jalan entah berpaa KM. krn posisi tempat sunset itu area yang cukup sepi dan cuma ada resort2 exclusive. dan selama jalan dorong2 sepeda itu diwarnai oleh drama2 ngambek2nya saya yang bete karna ga diperiksa dulu tuh sepeda plus adegan jatoh yag bikin paha dan betis saya biru dan jari tangan keseleo.. #huuffttttt
karna sampe hotel udah jam setengah delapanan jadilah kita kelaperan, setelah istirahat kami langsung hunting makanan dan inilah yang kita dapat:

Seafood Kebab

Chicken Kebab

harga satu piringnya 65 ribu, tapi enaknya kita bisa free segala macam salad, sayuran, nasi dan baked potato, lumayaaan laaaaahhhh... kelar makaaaann.. kamipuuun ngantuuk lanjut tiduuur....

dihari ke-2 di Gili ini pagi2 kita sarapan di pinggir pantai, mandi dan langsung keliling Gili lagi, ga ada habis2nya deh ini pulau.. tentram dan damai...terus sempet main-main juga ke tempat penangkaran penyu disitu,yah secara penyu itu sekarang udah langka jadi emang kita harus melindungi penyu-penyu lucu itu.. dan ini adabeberpa foto yang aku ambil waktu keliling2 Gili disiang hari...

iyaaah...akhirnya di sore hari saya harus mengakhiri jalan-jalan di Gili trawangan ini, dan kami pun kembali ke bangsal dengan kapal jam 3 sore dan sungguh ini ombak sore itu seperi arus di jeram-jeram di citarik,sampe mual dan pucet muka saya sementara penduduk setempat yang satu kapal sama saya santai2 dan bahkan ada yang tidur nyenyak.. oh My God...

sesampainya di Bangsal kami melanjutkan perjalanan ke Lembar, tapi kita sempet mampir ke sengigi untuk liat pemandangan dan sunset sayang, sunsetnya belum dapet tapi batere kamera sudah habis :( tapi masih dapet foto spot yang oke banget loh... ini dia:

Foto-foto diatas itu masih garis pantainya sengigi, duuhh enak gitu sore2 sambil makan jagung bakar dan liat sunset dan yang pasti jagung bakar yang saya makan itu jagung bakar paling enak diseluruh dunia yang pernah saya makan.
nah kelar eye candy di pantai snegigi dan karna menjelang malam akhirnya kita ke mataram untu melanjutkan perjalanan ke Lembar, di mataram sempat mampir dulu ke Mataram Mall dan maka ayam taliwang paling enak se-Lombok (katanya). dan akhirny jam 12 kita naik ferry buat kembali ke Bali.. dan yaahh Lombok... see you soon :)